Friday, June 12, 2015

Ketika Menjadi Siswa PLN Part 1


 


Setiap orang pasti menginginkan memiliki pekerjaan yang dapat memberikan kenyamanan untuk menjalani kehdupan. Tidak sedikit lulusan sarjana atau diploma berlomba mencari pekerjaan terbaik. Begitu juga aku. Jika ada yang sudah membaca “Job Seeker di PLN” dimana aku menceritakan segala proses yang aku lalui hingga saat ini telah DITERIMA
sebagai siswa diklat prajabatan angkatan 45. Banyak syukur yang aku ucapkan untuk semua yang telah terjadi.

Semua berawal dari sebuah pengumuman dari sebuah perusahaan BUMN yang bergerak di sektor kelistrikan, yaitu PT. PLN Persero. Pengumuman yang memberikan informasi bahwa aku telah berhasil menyelesaikan 7 tahap seleksi yang diselenggarakan. Sebuah informasi yang mengharuskan aku kembali berangkat ke Mataram, tempat rekruitasiku. Beberapa kegiatan yang harus dijalani sebelum diangkat menjadi pegawai adalah :
  1. Bimbingan Fisik dan Mental (Pusdikzeni, Bogor)
  2. Perkenalan Perusahaan (Pusdiklat Ragunan)
  3. Pembidangan (Pandaan/Semarang)
  4. On Job Trainee (Riau)
Singkat cerita, aku kembali ke Jakarta untuk menjalani bimbingan fisik dan mental atau disebut kesamaptaan di Pusat Pendidikan Zeni, Bogor. Inti kegiatan ini adalah bagaimana seseorang mendapat pendidikan mengenai mental dan fisik. Masing-masing individu diharapkan dapat bertahan dengan segala kegiatan yang membutuhkan fisik sehat. Beberapa tips dan trik yang dapat aku berikan saat menjalani kegiatan kesamaptaan PLN, yaitu :
  1. Jangan membawa barang dalam koper terlalu banyak
  2. Persiapkan vitamin dan penambah daya tahan tubuh sesuai kebutuhan
  3. Diharapkan tidak mengalami strees
  4. Usahakan sebelum kegiatan menjalani hidup sehat dan olahraga seperti push up dan lari
Sekilas mengenai kegiatan kesamaptaan PLN di Bogor adalah setiap siswa akan mengalami yang namanya kegiatan rutinitas beruntun setiap harinya. Waktu didalam pelatihan samapta akan berjalan begitu lama karena penuh dengan tekanan. Siswa diharapkan sudah bangun jam 3 pagi untuk mempersiapkan diri menjalani sholat pagi dan dilanjutkan dengan olahraga pagi pk. 4.30 WIB hingga pk. 5.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan pembersihan selama kurang lebih 15-30 menit dan siswa diharuskan sarapan tepat waktu pada pk. 06.00 WIB. Setiap kegiatan akan diselingi dengan kegiatan push up dan lari mengelilingi yang namanya lapangan hitam. 

Kegiatan dibagi selayaknya siswa yang sedang menjalani pelatihan seminar dalam satu hari. Setiap tiga jam sekali akan ada “EXTRA PUDING”, sebutan yang menyebutkan jam dimana siswa akan mendapatkan jam istirahat. Satu yang perlu diingat walaupun kegiatannya dinamakan extra puding namun tidak ada puding selama jam istirahat.

Kami para siswa/siswa diklat prajabatan PT. PLN (Persero) diberikan pakaian seragam untuk kesamaptaan. Baju hijau kerah dan celana dengan bahan tebal dengan menggunakan baju kaos dalaman seragam. Selain itu kami menggunakan sepatu PDL tebal (safety shoes) berwarna hitam dengan kaos kaki tebal yang juga berwarna hitam. Selama hari-hari di Bogor kami hanya menggunakan baju yang itu-itu saja. Tidak ada jeans, tidak ada baju kaos berwarna lain selain baju hijau yang diberikan oleh pihak PLN. Satu lagi yang selalu menghiasi kepala kami, yaitu topi rimba hijau tua.

Kegiatan kesamaptaan ini tidak semata-mata hanya dilaksanakan di kawasan tentara saja. Ada beberapa hari selama 3 hari 2 malam kami diajarkan untuk dapat hidup di dalam hutan hanya tidur menggunakan bivak saja. Beralasakan jas hujan dan tenda yang terbuat dari jas hujan saja. Persiapkan diri untuk tidak dapat mandi. Bahkan untuk makan saja, anda akan menikmati yang namanya makan diatas jalanan aspal atau sekedar duduk dipinggiran lapangan. Bisa dimana saja dan tidak ada yang namanya jijik atau sejenisnya.

Berakhirnya kegiatan samapta ditutup dengan acara persembahan dari angkatan 45. Angkatan kami memberikan beberapa penampilan, seperti senam senjata, koloni senapan, olahraga semacam karate. Selain itu, ada penampilan yel-yel yang telah dipersiapkan. Selama pelatihan kesamaptaan kami menggunakan senjata Geren yang digunakan semenjak jaman perjuangan kemerdekaan terdahulu. 

Masih banyak kegiatan lainnya yang harus dijalani jika anda LOLOS dalam semua persyaratan yang diberikan oleh PT. PLN (Persero). Jangan lewatkan banyak tips dan trik dalam menjalani diklat prajabatan siswa PT. PLN dalam "Ketika Menjadi Siswa PLN Part 2". Dan buat anda yang masih berjuang dalam menghadapi segala persyaratan untuk menjadi pegawai PT. PLN, silahkan lihat segala persiapan yang dapat dilakukan dalam "Jika Anda Job Seeker, Cobalah di PLN!"


IG : asri_vitaloka, twitter : @vitalokaAsri, facebook : Asri Vitaloka


No comments:

Post a Comment